Cabup Ipong: Pemain Reyog seperti Jathil dan Pembarong bakal mendapatkan sertifikat

Calon Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni saat bersama Pemain Reyog Ponorogo.

Ponorogo – Suara Jatim

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Ipong Muchlissoni agar Seni Reyog Ponorogo untuk terus berkembang dan mendunia.

Salah satunya, Calon Bupati Ponorogo 2021-2024 itu mengusulkan kepada Yayasan Reyog untuk memberikan Sertifikat kepada Pemain Reyog.

“Yayasan Reyog harus mengeluarkan sertifikat kepada Seniman Reyog, seperti Jathil, Pembarong, Bujangganong dan lainnya. Ini penting bagi mereka yang sudah diakui menguasai gerak tari dan karakter dalam Reyog Ponorogo,” Ucap Ipong Muchlissoni saat Ngopi Budaya bersama Pemuda beberapa waktu yang lalu.


Ipong menyampaikan bahwa dengan sertifikat yang dimiliki, pemain Reyog Ponorogo tersebut sudah terverifikasi memiliki kemampuan yang seharusnya sesuai dengan pakem atau patron yang ada. “Sertifikat itu juga akan berguna bagi Pemain Reyog tersebut untuk mencari kerja ataupun untuk meningkatkan kariernya di masa yang akan datang,” Lanjut Ipong Muchlissoni.

Cabup nomor urut dua itu berharap kepada generasi muda untuk terus berkarya melestarikan Seni Reyog Ponorogo. “Yayasan Reyog akan terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk terus berupaya agar Reyog Ponorogo tetap lestari dan mendunia. Lestari Reyognya, Sejahtera pemainnya dan masyarakat Ponorogo terhibur dengan pertunjukan yang dilakukan.”Pungkas Ipong Muchlissoni. (Mar/Jan)



SHARE THIS

0 coment rios: