Pelabuhan Gelon Kunci Kemajuan di Pacitan, Mbois akan Realisasikan

 

Pembangunan Pelabuhan Gelon yang tak kunjung usai sejak tahun 2011.

Pacitan – Suara Jatim

Calon Bupati Pacitan 2021-2024, Yudi Sumbogo menyampaikan bahwa salah satu kunci kemajuan di Pacitan adalah dengan adanya pelabuha niaga.

“Pelabuhan Gelon itu menjadi pelabuhan pengumpul kedua di selatan jawa, sehingga diharapkan transportasi laut di jawa bagian selatan ini nanti bisa berjalan dengan optimal. Bagi Pacitan, beroperasinya pelabuhan tersebut akan memajukan daerah kita, karena akan semakin banyak orang yang akan datang di Pacitan. Selain itu akan banyak investor yang akan mendirikan usaha ataupun pabriknya di sini karena ada akses transportasi melalui pelabuhan itu,”Ucap Yudi Sumbogo, Jum’at (06/11/2020).

Untuk itu, pembangunan pelabuhan yang sejak 2008 dimulai dan hingga kini belum usai itu akan menjadi salah satu prioritas yang akan dikerjakannya saat menjadi Bupati nantinya. “Faktor anggaran yang menjadi kendala. Dulu, dimulai pada tahun 2011, sejak Pak SBY menjabat, namun berhenti karena hal itu. Kalau kita hitung sesuai perencanaan, pembangunan pelabuhan ini menelan anggaran 550 Milyar, dimana 150 M diperlukan untuk membuka akses jalan karena melakukan pengeprasan bukit dan 400 M untuk pembangunan pelabuhannya sendiri,” urai Yudi Sumbogo.

Dengan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian yang terkait, Yudi optimis Pelabuhan Gelon akan segera selesai dibangun. “Apalagi Pacitan jauh dari Tol maupun Bandara. Sementara Pacitan menyimpan potensi yang belum tereksplorasi secara maksimal, baik potensi alam berupa tempat wisata, bahan tambang maupun pertanian. Kita jelaskan urgensinya hal itu kepada Pemerintah Pusat, Insya Alloh akan segera terwujud.” Pungkas Yudi Sumbogo

 

Sutikto, Purna ASN Dinas Perhubungan di Pacitan

Sementara menurut Sutikto, purna ASN Dinas Perhubungan menjelaskan bahwa keunggulan Pelabuhan Gelon merupakan pelabuhan pengumpul.

“Yaitu pelabuhan yang menampung barang yang akan diekspor, selama ini melalui Surabaya. Di Pacitan, triplek menjadi komoditas ekspor,” ucap Sutikto.

Namun selama ini, Pembangunan Pelabuhan Gelon mangkrak sejak beberapa tahun terakhir.

Karena itu, jika bukan Mbois yang menjadi Bupati, pembangunan Pelabuhan Gelon akan mangkrak kembali.

“Kita tidak segaris dengan pemerintah pusat, karena anggaran pembangunan cukup besar. Jadi Wallahu a’lam, kalau Mbois tidak memenangkan Pilbup Pacitan 2020 ini,” lanjutnya.

Untuk itu, Sutikto meminta masyarakat Pacitan untuk berfikir jernih dan cerdas dalam Pilbup Pacitan 2020 ini.

“Mari kita menangkan Mbois, agar pembangunan Pelabuhan Gelon dapat kembali lancar dan akan memajukan Pacitan. Memiliki pelabuhan tentunya akan menjadikan Pacitan lebih ramai dan perputaran ekonominya lebih meningkat secara cepat,”pungkasnya. (Mar/Jan)