Hajatan 276 Pacitan, Sederhana namun kaya akan Makna

 

Bupati Pacitan, Indartato saat memotong Tumpeng dalam Puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke 276 di Pendopo Kabupaten, Jum'at (19/02/2021).

Pacitan – www.suarajatim.net

Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke 276 diperingati secara sederhana mengingat Pandemi Covid 19 masih berlangsung.

Puncaknya, ritual Hajatan 276 digelar di Pendopo Kabupaten Pacitan dengan ritual penuh makna dan disiarkan secara live melalui streaming TV dan Media Sosial milik Pemkab Pacitan.

Menyambut HUT ke 276 Kabupaten Pacitan, Bupati Indartato meminta masyarakat untuk tetap bersyukur atas karunia yang telah diberikan oleh sang pencipta. “276 tahun telah berlalu, setidaknya angka itu merupakan selang waktu yang telah disepakati bersama, meski persepsi lain menyebut usia Kabupaten Pacitan bukan itu, lebih tua lagi, dan sebagainya. Terlepas dari proses untuk menandai usia Pacitan, Hari Jadi Kabupaten Pacitan (Hajatan) kini telah bertransformasi menjadi satu ritual sakral, bukan hanya untuk para pemangku kebijakan di Pendopo Kabupaten saja, namun sebenarnya ini adalah wadah nyata untuk semua,” Ucap Bupati Indartato, Jum’at (19/02/2021).

Jika boleh membeberkan, sesungguhnya Hajatan adalah cara menelaah perjalanannya Pacitan dari waktu ke waktu, meneropong segala peristiwa penting yang telah usai beberapa tahun terakhir atau bahkan berabad-abad lalu, dan tentu belajar dari para pendahulu. “Kehidupan masyarakat yang ayem, tentrem, makmur dan sejahtera adalah dambaan kita bersama, untuk itu mari kita berusaha mewujudkannya dengan bekerja keras sesuai dengan apa yang kita bisa,”Lanjut Bupati Indartato.

Namun saat ini konsentrasi kita adalah melawan Covid 19. “Mari bersatu dengan berdisiplin menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun dan kapanpun agar kita terhindar dari wabah Covid 19. Kesehatan adalah yang utama, namun kehidupan dan perekonomian tetap menjadi perhatian kita agar keberlangsungan kehidupan kita tetap terjaga, Selamat Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke 276, Tangguh Ing Laku, Sarana Iman, Aman lan Imun.”Pungkas Bupati Indartato. (Yah/Is)


SHARE THIS