Bupati Trenggalek Buka Bimbingan Teknis Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah

Untuk peningkatan pertumbuhan wirausaha baru serta UMKM, Bupati Trenggalek buka Bimtek Pengembangan Industri

Trenggalek - Suarajatim.net

Mendukung petumbuhan wirausaha baru serta UMKM naik kelas, Pemkab Trenggalek bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI dan Komisi VI DPR RI mengadakan bimbingan teknis pengembangan industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Trenggalek, Rabu (3/3/2021).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, yang membuka bimtek merasa bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut. Hal itu karena dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati salah satunya adalah menciptakan 5.000 pengusaha baru yang utamanya akan menyasar kelompok perempuan dan anak muda.

Menurut Bupati Nur Arifin, berdasarkan teori jika perempuan berdaya secara ekonomi ketika sudah berkeluarga menurut survei 90% pendapatannya akan diinvestasikan kembali kepada keluarga, baik dalam bentuk pendidikan anak maupun perbaikan gizi dan sebagainya.

“Jadi harapannya, jangka pendeknya ekonomi Trenggalek meningkat karena banyak pengusaha perempuan, di jangka menengah dan jangka panjangnya tidak ada lagi stunting sehingga kemudian sumberdaya manusianya meningkat,” tuturnya.

Sedangkan anak muda, menurut Bupati Nur Arifin, bahwa diharapkan second generation bisa membawa perbaikan pada ekonomi keluarga. Sehingga tidak ada lagi istilah lingkaran kemiskinan.

Sementara itu disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Trenggalek, Drs. Agoes Setiyono, dalam bimtek tersebut diikuti 60 peserta yang terbagi dalam 3 kelas yaitu olahan makan, kerajinan anyaman bambu, dan keterampilan perbengkelan roda dua.

“Hari ini kalau kita lihat memang angkatan kerja di Trenggalek cukup lumayan sehingga perlu juga peluang usaha di sektor swasta yang dibekali dengan keterampilan,” ujarnya.

Selain itu dalam bimtek tersebut juga akan diisi materi terkait perijinan usaha serta dari perbankan terkait dengan akses permodalan usaha. (Isdianto)


SHARE THIS