Desa Pendem Batu Bentuk Kampung Tangguh "Bersinar"



Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Batu bergerak cepat menindaklanjuti instruksi Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, terkait pembentukan Kampung Tangguh Bersih Narkoba, di Desa Pendem junrejo Batu, pada Rabu (16/6/2021). Komitmen pemberantasan narkoba ini dilakukan dengan melibatkan stakeholder terkait. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso, Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0818 Malang – Batu Kapten CZI Widagdo, Kabid pembinaan lapas kelas 1 Lowokwaru Sigit Darmono, Sub koordinator P2M BNN Kota Batu

Kompol Edi Hari Adi Kartika, Camat Junrejo Dian Saraswati, dan Perwakilan  Mahasiswa serta masyarakat Desa Pendem Junrejo.


Kapolres Batu AKBP Catur menyampaikan, kegiatan ini merupakan perintah dari Kapolri, dan Kapolda Jatim juga menyampaikan agar melaksanakan perintah tersebut, dengan membentuk Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar). 


"Kami sudah mempersiapkan Kampung Tangguh Bersinar, dengan melibatkan pemerintah kota Batu, BNN Kota Batu, dan lapas Lowokwaru Kota Malang. Kegiatan ini telah dilaksanakan atas perintah Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta," ucap Kapolres Batu, saat ditemui di Mapolres Batu, pada Kamis (17/6/2021). 


Menurut Kapolres, koordinasi persiapan kegiatan ini secara cepat, dan bersama-sama komitmen membentuk Kota Batu bersih dari Narkoba.


"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun sinergitas, sebagai aparat negara seyogyanya kita memiliki satu visi terutama dalam rangka komitmen bersama untuk melakukan pemberantasan narkoba," ungkap

AKBP Catur. 


AKBP Catur menambahkan, pemberantasan narkoba bukan hanya penindakan, tapi juga pencegahan dengan melibatkan stakeholder terkait.


"Saya yakin dengan komunikasi serta koordinasi yang baik, pemberantasan dan pencegahan narkoba dapat terlaksana dengan baik. Pencanangan Kampung Tanguh Bersih Narkoba ini adalah salah satu bentuk komitmen dalam rangka pencegahan," tambahnya Kapolres Batu. 


Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, 

Ia mengajak agar semua masyarakat ikut memerangi narkoba dimulai dari diri sendiri.


"Harapannya Kota Batu bisa zero narkoba dan juga di Indonesia, ribuan anak bangsa dapat terselamatkan, pemulihan Ekonomi Nasional suatu daerah dapat berjalan dengan baik menuju indonesia bebas narkoba, dan kami berharap Desa Pendem bisa menjadi Influencer pertama, mewakili sebagai Desa yang bersih dari Narkoba,” harapnya Wakil Walikota Batu.


Lebih lanjut ia menjelaskan, penyalahgunaan narkoba adalah musuh kita bersama, karena sudah meracuni semua golongan, dari tingkat masyarakat yang paling redah hingga strata tertinggi, tak luput dari jeratan narkoba. 


"Untuk itu marilah kita  bekerjasama baik dengan masyarakat, BNN, dan dari Kepolisian dalam hal ini Satresnarkoba Polres Batu, dengan penuh Komitmen untuk memberantas Narkoba," pungkasnya Punjul Santoso.


SHARE THIS