Keren, sistem LABKD diperkenalkan Bupati Aji di Forum Jawa Timur

Bupati Aji saat menjadi Narasumber  Dalam Acara Forum Inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021 

Pacitan - Suarajatim.net

Bupati Pacitan menjadi salah satu narasumber dalam acara Forum Inspirasi Kecamatan di tingkat Provinsi Jawa Timur. 

 “Kasihan kalau masyarakat yang jauh  kita paksa  untuk mempunyai identitas tetapi dari pemerintah daerah sendiripun tidak melakukan sesuatu hal untuk mendekatkan pelayanan” 

Inilah ungkapan lugas Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat menjabarkan alasan lahirnya program Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa (LABKD). Mas Aji menyampaikan hal tersebut saat menjadi narasumber dalam acara Forum Inspirasi Kecamatan Provinsi Jawa Timur 2021 dengan tema Kecamatan Cetar  Untuk Jatim “Bangkit” Kamis (23/09) di Surabaya.

Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) adalah fasilitas layanan administrasi kependudukan dengan melibatkan kewenangan pemerintah desa langsung.  Melalui LABKD  masyarakat tidak perlu lagi melakukan pengurusan adminduk ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, namun cukup di pemerintah desa. 

Menurut Bupati,  pelayanan administrasi kependudukan tidak seharusnya menjadi beban masyarakat . Melainkan,  menjadi tanggung  jawab pemerintah khususnya pemerintah daerah (Pemda) . Terlebih, dengan topografi wilayah Kabupaten Pacitan yang bergunung serta jarak yang jauh menuju pusat kota (Kabupaten). Dengan memanfaatkan Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) maka pemerintah telah mewujudkan pelayanan yang mudah, murah, cepat dan terintegrasi.

“Dengan LABKD ini mengurus adminduk  akan lebih cepat mudah, kalau sudah cepat dan mudah tentunya pasti murah dan aman karena terintegrasi dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil di kabupaten,” ungkap bupati. 

Bupati berharap, dengan mendekatkan pelayanan adminduk ke masyarakat akan tercipta data yang akurat. Satu data yang tepat akan melahirkan kebijakan yang tepat pula. Atas capaian tersebut Kabupaten Pacitan mendapatkan penghargaan sebagai apresiasi  atas kerjasamanya dengan KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan). (Jat). 


SHARE THIS