Mbois Menang, AKN Pacitan jadi Sentra Pendidikan Pertanian dan Perikanan

 

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan nomor urut dua, Yudi Sumbogo dan Isyah Ansori akan menjadikan AKN menjadi sentra Pendidikan Pertanian dan Perikanan.

Pacitan – Suara Jatim

Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan bakal dijadikan sentra pendidikan Pertanian dan Perikanan apabila pasangan Yudi Sumbogo dan Isyah Ansori memenangi Pilbup Pacitan 2020.

Simak Juga : https://www.suarajatim.net/2020/11/mengenal-nawa-citta-dharma-program.html

“Potensi alam kita luar biasa, baik dibidang pertanian maupun dibidang perikanan. Hanya saja, lahan pertanian kita yang subur itu belum bisa dimaksimalkan dengan baik, sehingga komoditas pertanian kita belum bisa mensejahterakan warga Pacitan. Untuk itu, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan akan kita jadikan sentra pendidikan pertanian agar selain bisa memaksimalkan komoditas yang ada, juga mampu mengolah hasil pertanian menjadi produk yang lebih bernilai dan kita pasarkan melalui digital, ini yang akan kita kerjakan melalui AKN yang selama ini masih stagnan,” Terang Yudi Sumbogo kepada Awak Media, Kamis (05/11/2020).


Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan akan didorong menjadi sentra pendidikan Pertanian dan Perikanan di Pacitan.

Selain pertanian, bidang perikanan juga hal yang harus dimaksimalkan. “Nelayan Pacitan kalah jauh dengan nelayan dari Cilacap maupun dari Bugis. Untuk itu, sektor ini juga akan kita tingkatkan kemampuan para nelayan kita melalui pendidikan perikanan di Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pacitan. Untuk mewujudka hal itu, kita akan bekerja sama dengan ITS dan berbagai ahli pertanian dan perikanan. Selain untuk meningkatkan kemampuan para nelayan, pendidikan perikanan juga kita dorong agar pengolahan hasil perikanan bisa dilakukan di Pacitan. Selama ini, ikan tangkapan yang bagus langsung dibawa keluar daerah. Dengan begitu maka perputaran uang akan meningkat di Pacitan yang akan mempercepat kemajuan di Pacitan,”Urai Yudi Sumbogo.

Apabila pertanian dan perikanan bisa maksimal maka selanjutnya pemasaran secara digital yang kita kerjakan. “AKN sebagai lembaga akademis juga akan kita dorong agar membantu pemasaran melalui platform digital. Selain cepat, akses melalui platform digital juga bisa kesegala penjuru. Intinya, AKN akan kita dorong untuk lebih bisa menciptakan generasi penerus di Pacitan yang memiliki skill dan pengetahuan sehingga memiliki daya saing untuk mengeksplorasi kekayaan alam yang dianugerahkan oleh ALLOH SWT kepada Kabupaten Pacitan. Selain itu, mereka tidak perlu lagi mencari pekerjaan di luar daerah, cukup tinggal di Pacitan dan kebutuhan mereka tetap terpenuhi disini.”Pungkas Yudi Sumbogo. (Mar/Jan)


SHARE THIS

0 coment rios: