Yossika, Kentung dan Pongge manunggal Panggah Ipong


Yossika, Pongge dan Kentung, Manunggal Panggah Ipong


Trio Bujangganong yang terkenal di Ponorogo yaitu Yossika, Pongge dan Kentung bersama dengan Seniman Reyog Ponorogo yang lain kompak menyamakan suara mendukung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut dua, Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono dalam Pilbup Ponorogo 2020.

Bahkan mereka menyanyikan Bupati ne Panggah Ipong diiringi tabuhan Reyog Ponorogo sambil salam dua jari, tak lupa kaos Paslon nomor dua mereka kenakan. 

Bujangganong Kentung dalam keterangannya menyampaikan bahwa Ipong Muchlissoni patut didukung kembali karena selama menjabat kesenian di Ponorogo dapat berkembang dengan baik. "Tak hanya Reyog, tetapi kesenian jaranan, gajah-gajahan, unta-untanan dan lainnya dapat bersama berkembang, " Terang Kentung, Ahad Malam (22/11/2020). 

Pun dengan Pongge yang mengakui bahwa jamannya Pak Ipong Muchlissoni, Reyog Ponorogo menjadi tuan di negerinya sendiri. "Gebyag Reyog serentak benar-benar efektif meningkatkan kecintaan kita kepada Seni Reyog Ponorogo. Banyak desa yang belum punya perangkat Reyog Ponorogo akhirnya memiliki sekaligus lahir banyak Seniman Reyog Ponorogo yang baru, " Tambah Pongge. 




Sementara Yossika menyampaikan bahwa Pak Ipong Muchlissoni memiliki cita-cita yang sangat mulia dalam melestarikan dan mengembangkan Seni Reyog Ponorogo. "Setelah Kampung Reyog, nanti ada Museum Reyog sekaligus tempat pementasan Reyog Ponorogo yang menyatu dengan UKM yang ada di Ponorogo. Ini harus di dukung agar para Seniman, pelaku UKM, dan masyarakat di Ponorogo dapat segera bangkit perekonomian nya setelah pandemi ini. " Pungkas Yossika. 

Sementara Supriyadi, Tokoh Reyog dari Desa Golan menyampaikan bahwa Seniman Reyog Ponorogo terus bergerak memenangkan Paslon Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono karena mereka pemimpin yang berpengalaman. "Pembangunan budaya sangat bagus kita rasakan, di mana-mana ada Reyog, ada jaranan dan kesenian yang lain. " Ujarnya. (Mar/Jan). 






SHARE THIS

0 coment rios: