Wabup Syah Natanegara Tekankan Nilai Gotong Royong Dalam Penanggulangan Bencana

Wakil Bupati Trenggalek meminta Gotong Royong menjadi nilai yang dijunjung tinggi dalam penanggulangan Bencana

Trenggalek - Suarajatim.net

Sebagai langkah mitigasi terhadap potensi terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Trenggalek, Polres Trenggalek gelar apel gabungan dan simulasi penanganan bencana, Selasa (2/3/2021).

Apel gabungan yang dipimpin oleh Wakil Bupati Trenggalek, Komandan Kodim 0806, dan Kapolres Trenggalek tersebut digelar di kawasan wisata Pantai Konang Kecamatan Panggul.

Mengingat kondisi topografi serta wilayah di Kabupaten Trenggalek, potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa, tsunami, kebakaran hutan dan lahan, abrasi, hingga kekeringan, menjadi ancaman yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara, mengatakan bahwa penanggulangan bencana tidak bisa menjadi tanggung jawab satu pihak tertentu, melainkan harus menjadi tanggung jawab bersama.

“Semua pihak harus memiliki kesadaran kolektif serta kepedulian terhadap bencana, apalagi nilai sinergitas dan gotong royong merupakan nilai yang patut dijunjung dalam penanggulangan bencana alam,” tuturnya.

“Melalui simulasi penanganan bencana tentu diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan baik terhadap kesiapsiagaan hingga penanganan saat darurat bencana, terlebih meminimalisir risiko yang ditimbulkan akibat bencana,” imbuh Wabup Syah. (Isdianto)


SHARE THIS