Berikan Arahan, Bupati Arifin minta OPD terapkan Protokol Kesehatan dalam Pelaksanaan Kegiatan

Bupati Trenggalek meminta OPD dalam melakukan kegiatan melaksanakan Protokol Kesehatan

Trenggalek - Suara Jatim

Dalam Rapat Staff secara virtual yang diadakan pada Senin (18/1) mulai pukul 08.00, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin banyak memberikan arahan terhadap OPD dalam melaksanakan kegiatannya di tahun ini.

Seperti diketahui bersama bahwa pandemi Covid-19 di Trenggalek sendiri yang semakin hari semakin mengkhawatirkan, Mochamad Nur Arifin menghimbau untuk setiap OPD melaksanakan penegakan protokol kesehatan di lingkungan kantor dan stakeholder OPD masing-masing. 

Bupati muda tersebut juga berharap setiap OPD semakin responsif dalam banyak hal. Diantaranya adalah kantor-kantor OPD memastikan responsif gender, parkir difabel, perempuan, bidang miring, ruang laktasi, dan jalur fast-track. Selain itu, makin responsif juga terhadap pengaduan masyarakat dengan cara tidak boleh lengahnya tim tindak lanjut pengaduan disetiap OPD. "Terutama dari media sosial yang bisa aktif melaporkan pekerjaan setiap hari untuk transparansi terhadap masyarakat juga. Untuk Kominfo juga diperkuat sistemnya dan progress tindak lanjutnya", ungkap Bupati Arifin dalam arahannya.

Arahan selanjutnya, untuk eksekusi setiap program selalu dilakukan dengan semangat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. "Hal ini dapat dicapai dengan memahami 17 goals SDGs (Sustainable Development Goals) dan disesuaikan dengan indikator sasaran OPD untuk menyokong IKU Kabupaten. SAKIP harus A", tambahnya.

Tak luput juga Bupati Arifin mengingatkan setiap OPD untuk disiplin terhadap pemanfaatan ruang dan pemeliharaan aset publik. Salah satu contohnya di sektor tambang. OPD terkait diminta mewajiban setiap kendaraan berat untuk mematuhi aturan tonase yang berlaku dan membuat jalur sendiri. Diterapkan juga reklamasi/penanaman kembali serta perbaikan jalan untuk maintenance aar sektor ini bisa berjalan dengan baik.

"Jangan hamburkan uang, kreatif mengelola sumber PAD, dan harus aktif mengakses pembiayaan alternatif. Fokus kepada Program Prioritas, bantuan produktif dan sosial ke masyarakat, juga remunerasi berbasis kepuasan masyarakat", tegas Bupati yang akrab disapa Gus Ipin ini.

Untuk hal-hal yang belum sempat dibahas dan juga beberapa program prioritas lainnya rencananya akan dibahas dalam rapat selanjutnya. (is)