Temukan Dugaan Penggelembungan Suara Di SIREKAP, LO La Nyala Mahmud Mataliti Lapor Ke KPU Magetan





MAGETAN - Suarajatim.net Dugaan adanya penggelembungan suara pada Sistem Informasi Rekapitulasi ( Sirekap) LO/ Tim calon anggota DPD Jawa Timur La Nyala Mataliti membuat aduan Ke KPUD Magetan.Mereka merasa dirugikan adanya temuan penggelembungan suara pada sirekap di beberapa TPS Kabupaten Magetan.

Hal ini disampaikan oleh Tsabit Qolby Ala Diinika Liason Officer Kabupaten untuk Calon Anggota DPD La Nyala Mahmud Mataliti." Kami telah buat aduan ke KPU atas penggelembungan Suara di beberapa TPS," Kata Tsabit Qolby.


Temuan itu diantaranya TPS 2 Desa Krajan kecamatan Parang, TPS 4 Kelurahan Tambran Kecamatan Magetan,TPS 3 Desa Bogem Kecamatan Kawedanan.Penggelembungan terjadi pada sistem Sirekap KPU.Untuk itu kami menyarankan kepada KPU untuk menghentikan penggunan Sirekap pada rekapitulasi penghitungan suara.

Kami berpatokan pada C hasil milik panwascam atau pun saksi,karena dianggap lebih lengkap dibanding rekap sirekap.Sebagai seperti yang kami laporkan ke KPU, dalam sirekap itu jumlah suara melebihi DPT yang ada dalam TPS tersebut." Seperti di TPS Tambran DPT hanya 230 namun hasil yang keluar di sirekap lebih dari 1000 suara," ujar Tsabit Qolby.

Untuk itu kami dari Tim La Nyala Mahmud Mataliti menghimbau kepada Ketua Bawaslu dan jajarannya untuk tegas menyarankan kepada Panwascam tegas, sebagai acuan dari C hasil, dari TPS. Kemarin kami tim dari La Nyala Mataliti, LO Lia Istifama, Adila Azis sudah sepakat untuk menggunakan C hasil dari TPS dalam rekapitulasi.

Sementara itu Ketua KPU Magetan Fahrudin menaggapi Laporan dari LO La Nyala Mahmud Mataliti menyampaikan, KPUD saat ini sedang melakukan rekapitulasi penghitungan suara berjenjang," Saat ini penghitungan sudah sampai pada tahap PPK/ kecamatan," ujar Fahrudin.(Hst/RD)