Museum Reyog, dari Mini Teater hingga Panggung Terbuka

Ngopi Budaya bareng Pemuda Calon Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni.

Ponorogo – Suara Jatim

Salah satu wujud pelestarian Seni Reyog Ponorogo yang akan dilakukan oleh Calon Bupati Ponorogo nomor urut dua, Ipong Muchlissoni adalah dengan membangun Museum Reyog Ponorogo.

“Museum Reyog adalah salah satu Program Unggulan yang kemarin telah kita notariskan dan akan kita lakukan. Tempatnya di Sentra Industri Reyog dengan luas kurang lebih 6 hektar. Selain untuk pelestarian seni dan budaya juga untuk memudahkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Ponorogo dalam melihat pertunjukkan Reyog Ponorogo,” Terang Ipong Muchlissoni saat Ngopi Budaya bareng Pemuda, Sabtu Malam (07/11/2020).

Selain menampilkan Sejarah Reyor dari waktu ke waktu, galeri foto dari waktu ke waktu, Museum Reyog juga ada tempat pertunjukkan Seni Reyog. “Ada tempat pertunjukan mini teater untuk 30-40 orang, mereka akan melihat video di tempat itu, Selain itu ada panggung terbuka untuk penampilan reyog secara luas bagi ribuan orang,”Lanjut Ipong.

Yang penting ada kalender pertunjukkan tetap yang dibuat, “Jadwal pertunjukan Seni Reyog dilakukan setiap hari Senin – Jum’at jam sekian, Sabtu – Miggu jam sekian, jadi para wisatawan yang ke Ponorogo bisa melihat jadwal pertunjukan Reyog Ponorogo di Museum tersebut,” Ujar Ipong Muchlissoni.

Disekitarnya Museum, kita buat tempat masyarakat yang menjual oleh-oleh khas Ponorogo dan UMKM yang saat ini sudah berkembang banyak di Ponorogo. “Sehingga dengan adanya Museum Reyog ini selain untuk pelestarian seni budaya kebanggaan kita juga akan membawa ekses ekonomi bagi masyarakat Ponorogo. Dengan demikian, 5 tahun yang akan datang, Ponorogo akan 2 kali lebih maju.” Pungkas Ipong Muchlissoni. (Mar/Jan)


SHARE THIS

0 coment rios: