DPRD Apresiasi Gelaran Pemilu 2020

 


DPRD Pacitan memberi acungan jempol kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD). Setelah kontestasi Pilkada Pacitan tahun kemarin berjalan lancar, dan sukses mencetuskan pemimpin daerah berjuluk 1001 goa untuk 5 tahun mendatang. Meski pilkada tahun 2020 digelar dalam situasi pandemi COVID-19, KPUD Pacitan berhasil membuktikan profesionalitas kerjanya. Pemilu sukses digelar, tanpa melanggar protokol kesehatan, dengan menerapkan adaptasi kebiasaan baru. 

“Kami memberikan apresiasi atas kinerja KPUD Pacitan yang sukses menggelar pilkada 2020 tanpa ada kendala berarti.” Terang Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono dalam acara Penyampaian laporan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 oleh KPU Pacitan di Gedung DPRD Pacitan, Senin (29/3). 

Kedepan, DPRD Pacitan berharap KPUD Pacitan untuk bekerja lebih keras lagi, dalam setiap pemilu. Utamanya menghadapi gelaran pemilu tahun 2024 mendatang. Hasil evaluasi pelaksanan tahapan pilkada 2020, harus menjadi catatan untuk menghadapi tantangan dan hambatan penyelenggaran pemilu selanjutnya. DPRD juga memberikan catatan khusus, agar KPU gencar melaksanakan sosilaisasi pemilu kepada masyrakat, untuk meningkatkan partisipasi pemilih.  

Dalam kesempatan itu jajaran KPUD Pacitan yang diterima oleh ketua DPRD Pacitan dan jajaran komisi I, mengutarakan laporan penyelenggaraan pilkada tahun 2020. Mulai tahapan perencanaan anggaran dan program, pelaksanaan tahapan pemilu hingga evaluasi dan pelaporan. KPU juga menyampaikan laporan terkait penggunaan anggaran yang bersumber dari dana APBD Pacitan untuk mendanai pilkada 2020. Di samping itu, hambatan dan tantangan yang di hadapi selama kontestasi pilkada tahun kemarin juga disampaikan KPUD sebagai bagian dari evaluasi.

”Sesuai undang undang pemilu, kami diwajibkan untuk memberikan laporan tahapan kepada DPRD. Ini sudah akhir tahapan jadi kita laporkan seluruhnya.”Terang ketua KPUD Pacitan Sulistyorini.


SHARE THIS