Ditanya soal APBD oleh Bambang Tri Wahono, Pak Giri malah Ngajak Ngopi

 

Sugiri Sancoko dan Lisdyarita saat menjawab pertanyaan dari Paslon nomor urut dua, Ipong Muchlissoni - Bambang Tri Wahono

Debat Publik Tahap Pertama yang diselenggarakan oleh KPU Ponorogo mengambil tema Kesejahteraan dan Pembangunan Daerah mempertemukan dua kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Sugiri Sancoko – Lisdyarita dan Ipong Muchlissoni – Bambang Tri Wahono, Ahad (01/11/2020).

Kedua Paslon terlihat seru dalam adu gagasan dan ide untuk memajukan Ponorogo sesuai tema yang telah ditetapkan oleh KPU.

Calon Wakil Bupati Ponorogo nomor urut dua, Bambang Tri Wahono memberikan pertanyaan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh Ponorogo dan bagaimana memasukkan program kedalam anggaran. “Saya melihat program yang telah disampaikan oleh Pak Giri dan Ibu Rita banyak sekali, bagaimana memasukkan sekian banyak program yang ada tersebut dalam APBD Ponorogo ?,” tanya Bambang.

Menjawab pertanyaan itu, Sugiri Sancoko dengan lugas menyampaikan bahwa dirinya sudah berdiskusi dengan berbagai ahli keuangan dan perencanaan. “Saya juga endorse dengan orang Bappeda sehingga apa yang kita rencanakan itu mampu kita kerjakan. Anggaran RT 10 juta / tahun, itu sangat mampu kita lakukan. Kalkulator kita sama, nanti kita bisa duduk bersama sambil ngopi serta berhitung bagaimana memajukan Ponorogo dengan program yang telah kita sampaikan,” ujar Sugiri Sancoko.


Menanggapi pernyataan Sugiri Sancoko, Cabup Ipong Muchlissoni menegaskan bahwa anggaran APBD Ponorogo berjumlah 2,1 Triliun selama setahun. “Untuk belanja pegawai total 40 persen, dalam program nya Pak Giri, ADD mau dikasih 27% jadi belanja wajib non pegawai jadi 57 persen artinya duit yang tersisa tinggal 43 persen. Kemudian kita hitung program yang ditawarkan memerlukan 90 persen dari APBD, terus diambilkan dari mana ?, itu menurut saya tidak mungkin dilakukan. Jadi, kalkulator kita tidak sama Pak.” Jelas Ipong Muchlissoni.

Perdebatan terus berlangsung dengan saling memberikan pertanyaan sekaligus menanggapi argumen kedua Pasangan Calon.

Pilbup Ponorogo sendiri akan dilangsungkan pada 09 Desember 2020 dengan menghadirkan dua pasangan Calon, Sugiri Sancoko – Lisdyarita (Rilis) nomor urut 1 dan Ipong Muchlissoni – Bambang Tri Wahono, nomor urut dua. (Mar/Jan)

 

 


SHARE THIS

0 coment rios: